Rabu, 18 Februari 2009

KERJASAMA TAGANA DALAM MENYIAPKAN DESA SIAGA


Sejak tanggal 10 Pebruari 2009 sampai 15 Pebruari 2009 Koordinator TAGANA KABUPATEN BANDUNG beserta jajarannya di undang oleh anggota TAGANA kecamatan Cimaung Sdri. IMAS ROHAETI untuk bisa menghadiri MUSYAWARAH MASYARAKAT DESA ( MMD ) dalam rangka pembentukan DESA SIAGA di Desa Suka maju kecamatan Cimaung.
Adapun kegiatan yang telah berlangsung selama 21 hari tersebut diprakarsai oleh Mahasiswa Program Studi Cipto Mangunkusuma jurusan kebidanan POLTEKES Jakarta III dalam rangka Praktek Kerja Lapangan ( PKL ) bekerja sama dengan Pemerintahan Desa Sukamaju untuk menyiapkan Desa Sukamaju menjadi DESA SIAGA untuk menuju KABUPATEN BANDUNG SEHAT 2010.
Dalam pelaksanaannya dilapangan dimana DESA SIAGA harus memenuhi 8 indikator yang salah satunya kesiap siagaan dalam kebencanaan TAGANA berperan dalam mensosialisikan UNDANG – UNDANG PENANGGULANGAN BENCANA dan memberikan pemahaman mengenai penugasan – penugasan dalam penanggulangan bencana serta membangun COMMUNITY BASE DISASTER MANAGEMENT ( Penanggulangan Bencana Berbasis Masyarakat ) untuk menumbuhkan kearifan lokal.
Pada kegiatan tersebut dilakukan juga DONOR DARAH yang berhasil mengumpulkan 63 orang yang melakukan donor darah diantaranya juga anggota TAGANA Kab. Bandung dimana kegiatan tersebut bekerja sama dengan PMI cabang Kabupaten Bandung.
Pada kesempatan itu juga Bapak Kepala desa Drs. ICANG HADIANTO Mengucapkan terima kasih atas peran serta anggota TAGANA pada kegiatan tersebut dan meminta kesediaan bagi anggota yang berdomisili didesa tersebut dimasukan dalam struktur DESA SIAGA Desa Sukamaju.
Diakhir kegiatan tersebut ditutup dengan acara PELAPORAN & PENUTUPAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN yang dihadiri oleh Ketua Program StudiKebidanan Cipto Mangun Kusumo POLTEKES JAKARTA III Ibu INDRA SUPRADEWI, SKM, MKM, Ketua Jurusan Ibu Hj. SALMAH SKp, MkES., Direktur Ibu Dra. Hj. JUMIARNI ILYAS, M.Kes para pembimbing diantaranya Ibu DWI RATNAWATI HAKIM, SST., JULIA OKTALIA, SST., WAODE HAJRAH, SST., DIANA HARTATY A, SST. Juga jajaran Pemerintahan Desa yang juga dihadiri Ketua PKK Desa Suka maju ibu Dra. ADE QOMALASARI, adapun perwakilan dari kecamatan Cimaung diwakili oleh bpk KASIE PEMERINTAHAN Bpk ENCUN JUNAEDI, KASIE SOSBUD Bpk HIDAYAT RAMDHAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar